Jumat, 26 Jul 2024
  • Ahlan Wa Sahlan di Website MAN 2 KOTA PADANG Menuju Zona Integritas (Bersih dari korupsi, Santun Melayani, Maju dalam inovasi) NO SUAP-NO KORUPSI NO GRATIFIKASI - PELAYANAN PRIMA

Zulhandra, Gunakan Kitab Klasik Untuk Pengayaan Bagi Siswa PK MAN 2 Padang

Padang, humas — Zulhandra, guru Akhlak program keagamaan MAN 2 Kota Padang memilih menggunakan buku Akhlak klasik berbahasa Arab dalam pembelajaran Akhlak kelas X hingga XII.

Buku yang berjudul Akhlaq Lil Baniin karangan Umar bin Ahmad Barja’ itu akan digunakan untuk pengayaan bagi siswa jurusan program keagamaan (PK) pada tahun pelajaran 2023/2024.

“Buku tersebut terdiri dari tiga juz, yakni juz awal untuk kelas X, juz Tsani untuk kelas XI dan juz tsalis dipakai untuk kelas XII,” kata Zulhandra, usai bertemu dengan kepala madrasah, Kamis (20/07/2023) siang.

Ia menyebut, buku karya Umar bin Ahmad Barja’ tersebut biasa digunakan siswa di pondok pesantren salafiyah. Pesantren Salafiyah adalah sebutan bagi pondok pesantren yang mengkaji kitab-kitab kuning.

Zulhandra mengatakan, ide penggunaan buku tersebut muncul didasari keinginan untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang kitab-kitab klasik, sehingga diharapkan ruh kajian akhlak teraktualisasikan oleh siswa.

“Sudah saatnya kembali kepada khittah kajian Akhlaq saat saya awal dipercaya mengajar mapel Akhlaq bulan Januari tahun 2007 dulu, materinya diambil dari kitab akhlaq untuk santri Ponpes,” ujarnya.

Penggunaan buku Akhlak Lil Baniin ini, kata Zulhandra telah dikomunikasikan dengan kepala madrasah serta pihak terkait lainnya. Ia menyebut kepala madrasah sangat mendukung dan berharap tamatan PK mempunyai skill khusus terutama kemampuan membaca kitab.

Pewarta : ArulDp

Editor. : Wenny R

Foto. : ZulNara

Post Terkait

1 Komentar

Zulhandra, Sabtu, 22 Jul 2023

Semoga tetap berprestasi dalam segala ivent yg diikuti peserta man 2 kota padang..dalam kepemimpinan bpk Drs.H.Akhri Meinhardi,M.M benar2 menghadirkan madrasah yg mantap aamiin

Balas

KELUAR