Kamis, 09 Des 2021
  • Ahlan Wa Sahlan di Website MAN 2 KOTA PADANG Menuju Zona Integritas (Bersih dari korupsi, Santun Melayani, Maju dalam inovasi) NO SUAP-NO KORUPSI NO GRATIFIKASI - PELAYANAN PRIMA

Epi Yarlis Guru MAN 2 Kota Padang Seminarkan Hasil PTK di MGMP MA Fisika Kota Padang

Padang, humas – Epi Yarlis S.Pd, M.S.i guru MAN 2 Kota Padang lakukan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kamis (18/11/2021) jam 10.45 Wib bertempat di laboratorium Fisika kampus MAN 2 Kota Padang. Seminar dilakukan dalam rangka mengetahui peningkatan hasil belajar praktikum fisika siswa pada materi gelombang cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Nampak hadir dalam seminar itu, kepala MAN 2 Kota Padang H. Akhri Meinhardi, pengawas madrasah Nurhayati dan Marlis, Guru fisika MGMP MA Kota Padang dan guru MAN 2 Kota Padang.

Epi Yarlis mempublikasikan hasil penelitiannya melalui forum guru MGMP Fisika MA Kota Padang dengan judul ‘Peningkatan Hasil Belajar Praktikum Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Siswa XI IPA 6 MAN 2 Kota Padang’

“Ini sebagai bentuk Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guna pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya sesuai tuntutan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009,” jelas Epi Yarlis

Ia menambahkan bahwa subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 MAN 2 Kota Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

“Siklus I dilakukan pada materi praktikum pembiasan kaca plan paralel dan siklus II pada materi praktikum kisi difraksi,” ujarnya

Lebih lanjut Epi Yarlis menjelaskan bahwa data aktivitas praktikum peseta didik digali dengan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, data pengelolaan pembelajaran praktikum oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar praktikum peserta didik digali dengan dengan Tes Formatif berbentuk praktek.

Dengan tenang serta penuh percaya diri Epi Yarlis menjelaskan bahwa hasil penelitiannya menunjukkan bahwa siklus I dengan melibatkan siswa berkemampuan awal tinggi diperoleh rata-rata hasil belajar 78,56 dan persentase ketuntasan 41%, sedangkan siklus II dengan melibatkan siswa berkemampuan awal tinggi dan diberi penguatan materi dan keterampilan diperoleh rata-rata hasil belajar 87,78 dan persentase ketuntasan 95%;

“Hasil belajar praktikum fisika peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I baik rata-rata maupun persentase ketuntasannya,” ungkapnya di hadapan peserta seminar

Epi Yarlis juga memberi masukan agar proses belajar mengajar praktikum fisika siswa lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka perlu diambil langkah-langkah, di antaranya, pertama, untuk meningkatkan hasil belajar praktikum fisika siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) siswa berkemampuan awal tinggi perlu diberi penguatan materi dan keterampilan sebelum kegiatan praktikum dimulai, kedua perlu adanya penelitian lebih lanjut dikelas dan materi praktikum yang lain, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan pada materi praktikum gelombang cahaya di Kelas XI IPA 6 MAN 2 Kota Padang tahun pelajaran 2020/2021 dan ketiga, untuk penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Sementara itu kepala MAN 2 Kota Padang H. Akhri Meinhardi akan selalu memberikan support serta dukungan penuh kepada guru dalam rangka menambah wawasan melalui penelitian tindakan kelas ( PTK), sehingga tercipta karya-karya yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun madrasah

“Melalui kreativitas, inovasi serta penelitian yang di lakukan oleh guru, akan tercipta siswa yang hebat dan bermartabat,” ucap Akhri Meinhardi

Kepala madrasah juga berharap agar seluruh guru dapat meningkatkan kemampuannya melalui penelitian tindakan kelas, sehingga dapat menjadi acuan madrasah dalam mengambil kebijakan kedepannya.

Penulis berita : ArulDp
Editor : WR

KELUAR