Minggu, 21 Jul 2024
  • Ahlan Wa Sahlan di Website MAN 2 KOTA PADANG Menuju Zona Integritas (Bersih dari korupsi, Santun Melayani, Maju dalam inovasi) NO SUAP-NO KORUPSI NO GRATIFIKASI - PELAYANAN PRIMA

Kakankemenag Edy Oktafiandi Buka Perjusami MAN 2 Kota Padang

Padang, humas — Kakankemenag Kota Padang, Edy Oktafiandi membuka secara resmi Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami) siswa kelas X MAN 2 Padang di Kampung Koto, Kenagarian Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman , Sabtu (05/11/2022).

Perjusami yang berlangsung selama 3 hari hingga 06 November 2022 mengusung tema ‘Melalui Perjusami Kita Asah Sikap Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membentuk Generasi Tangguh, Mandiri dan Berkarakter Islami, diikuti 455 siswa kelas X MAN 2 Padang.

Pembukaan ditandai dengan pemotongan pita oleh Kakankemenag, Edy Oktafiandi didampingi oleh kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi , wakil kepala, ketua panitia Perjusami, Yuliasman, panitia dan pendamping.

Dalam sambutannya, Edy Oktafiandi menyampaikan selamat dan apresiasi kepada kepala MAN 2 Padang beserta unsur terkait yang telah berkontribusi dalam kegiatan Perjusami tahun 2022, semoga apa yang dilakukan mendapat imbalan kebaikan dan keberkahan.

Dia memaparkan, bahwa pada satuan pendidikan sekolah dan madrasah, pramuka merupakan kegiatan ekskul wajib yang mesti diikuti oleh siswa. Hal ini mengacu kepada Permendikbud No. 63 tahun 2014.

“Jadi harus bisa dipahami bahwa ada nilai-nilai yang terintegrasi dalam kepramukaan yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh siswa,”ujar penerima penghargaan Lencana Darma Bakti Pramuka Nasional tahun 2022 ini.

Bukan itu saja, kata Edy Oktafiandi, pramuka menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kebersamaan dan kemandirian, dengan harapan siswa memiliki nilai ketuhanan dalam dirinya. Apalagi dimadrasah ditambah 5 mata pelajaran agama, sehingga klop antara pramuka dan agama.

Lebih lanjut ia menuturkan, pramuka juga mengajarkan nilai nilai kepemimpinan, bagaimana mengelola diri dan kelompok serta memperkuat ukhuwah wathaniyah. sehingga akan tercipta calon pemimpin yang mampu merawat keberagaman dalam berbangsa dan bernegara.

“Kenapa itu bisa terjadi, karena dalam pramuka melekat dan ditanamkan nilai sosial kebersamaan, rasa saling asih-asah dan asuh, saling toleransi, peduli sesama, tidak ada ego dan angkuh,” pungkasnya.

Sementara itu, kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi berterima kasih kepada kakankemenag yang telah meluangkan waktunya membuka kegiatan Perjusami MAN 2 Kota Padang.

“Ditengah kesibukan beliau yang begitu padat, ia masih berkesempatan untuk memberikan support dan semangat kepada kita, ini patut dicontoh sebagai figur pemimpin yang baik dalam menanamkan nilai kepemimpinan,” ucap Akhri Meinhardi.

Menurutnya, kegiatan Perjusami disamping mengasah jiwa kepemimpinan juga melatih kemandirian, karena melalui kegiatan tersebut akan terlihat karakter atau kepribadian setiap anggota melalui aktivitas dan perilaku dalam setiap situasi yang sedang dialami.

Penulis berita : ArulDp

Editor. : WR

Post Terkait

1 Komentar

Erza Nova, Sabtu, 5 Nov 2022

Luar biasa.. Semangat terus MAN 2 Kota Padang..

Balas

KELUAR