Minggu, 21 Jul 2024
  • Ahlan Wa Sahlan di Website MAN 2 KOTA PADANG Menuju Zona Integritas (Bersih dari korupsi, Santun Melayani, Maju dalam inovasi) NO SUAP-NO KORUPSI NO GRATIFIKASI - PELAYANAN PRIMA

Kakankemenag Edy Oktafiandi Minta Peserta Kemdikma MAN 2 Padang Jadi Insan Profesional

Padang, humas — Kemah Pendidikan Madrasah (Kemdikma) siswa kelas X MAN 2 Padang resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Padang, Edy Oktafiandi di Camping Ground Nagari Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman, Jum’at (15/09/2023).

Dihadapan ratusan peserta Kemdikma dari berbagai kelas di MAN 2 Kota Padang, Kakankemenag Edy Oktafiandi meminta peserta Kemdikma untuk menjadi insan profesional yang menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan.

“Kemdikma akan menjadikan insan profesional, yang ahli dibidang keilmuan dan keterampilan, sehingga mampu menjawab tantangan zaman, untuk meraih masa depan yang gemilang,” ujarnya.

Kakankemenag Kota Padang mengajak peserta Kemdikma untuk mengikuti perkembangan zaman dengan mandiri dan bukan hanya menjadi penonton.

“Kalau tidak akan terlindas oleh perkembangan zaman, kita tidak ingin anak bangsa hanya menjadi penonton. Untuk bergerak mandiri harus punya sikap handal dalam menjawab tantangan,” pintanya.

Menurut Edy Oktafiandi Kemdikma bukan ajang hiburan atau rekreasi, tapi program rutin dalam rangka pembentukan karakter peserta didik. Makanya peserta didik wajib hadir di perkemahan madrasah.

Dengan tujuan mulia ini, kata Kakankemenag Edy Oktafiandi, diharapkan melalui kemdikma siswa harus memiliki 4 kecerdasan, yaitu kecerdasan spritual, sosial budaya, intelektual dan keterampilan.

Menurutnya, kecerdasan spritual harus dilandasi dengan agama dan akidah yang kuat. Sementara kecerdasan sosial budaya, mampu bersikap moderat dan beradaptasi dengan nilai-nilai keberagaman suku bangsa dibawah naungan Pancasila.

Sedangkan kecerdasan intelektual, kata Edy Oktafiandi, menjadikan ilmu pengetahuan sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat. Dan kecerdasan keterampilan, siswa unggul dan punya kecakapan hidup.

“Melalui program Pramuka akan terwujudlah 4 kecerdasan ini dalam dasa dharma pramuka. Maka ikutilah kegiatan ini dengan serius dan sungguh sungguh dan dengan itikad yang baik,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi mengatakan bahwa Kemdikma merupakan kegiatan sarat dengan nuansa pendidikan keagamaan, kepramukaan, seni dan olah raga yang dikolaborasikan dalam satu wadah yakni Kemdikma.

Dia berharap Kemdikma akan menciptakan siswa yang berkarakter, mandiri, kreatif dan bertanggung jawab. Kegiatan ini, juga diharapkan mampu memberikan kepuasan terutama bagi orang tua siswa.

“Selama ini di rumah, anak ada yang tidak bisa masak, sekarang bisa memasak, semula malas, sekarang sudah ringan tangan. Karena disini dididik bagaimana mereka memiliki rasa tanggung jawab dengan tugas masing masing,” ungkapnya.

MAN 2 Padang melaksanakan Kemdikma bagi siswa kelas X. Kemdikma itu sendiri digelar 14 hingga 16 September 2023. Sebanyak 449 siswa dan 221 panitia termasuk guru dan pegawai serta dewan kehormatan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Pewarta : ArulDp

Editor. : Wenny R

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR